Foto Kuda Laut Menyeret “Cotton Buds” di Sumbawa Menjadi Finalis Kompetisi Museum Sejarah Alam London

Kredit: Instagram @justinhofman

Seekor kuda laut di perairan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, mungkin telah mengira sebuah cotton buds adalah calon pasangannya. Karenanya dengan menggunakan ekornya, dia menarik-narik cotton buds itu memakai ekornya. Foto menyedihkan ini dijepret pemilik akun Instagram @justinhofman pada tahun lalu. Kendati dia mengaku merasa jijik saat itu, namun toh sekarang foto ini berpotensi mendatangkan uang buatnya. Ya, foto ini menjadi finalis lomba Fotografer Satwa Liar 2017, yang digelar Natural History Museum, London, Inggris.

Foto ini kini telah viral di berbagai media sosial dan juga diberitakan banyak media Internasional. Di akun Instagram Justin, foto ini telah menuai 14.745 “like”.

The Verge melansir, ketika fotografer alam Justin Hofman pergi ber-snorkeling di lepas pantai Sumbawa, Indonesia, tahun lalu, dia tidak mengira akan “tersandung” pada kuda laut kecil yang menyeret sebuah cotton buds.

Pada postingannya itu Hofman mengatakan ia berharap foto itu tidak ada. “Saya berharap kejadian ini tidak terjadi setiap hari,” katanya kepada The Verge. “Saya menghabiskan banyak waktu di bawah air di seluruh dunia, dan saya melihat sampah manusia ada di mana-mana.”

Postcomended   Boss Leica: Semua Ponsel Kamera Tidak Betul

Hofman mengatakan bahwa dia sudah lama geram mengenai masalah polusi plastik di laut untuk waktu yang lama. Hofman tinggal di Monterey, California, tapi dia adalah seorang pemimpin ekspedisi untuk sebuah perusahaan yang membawa orang-orang ke seluruh dunia dalam tur alam liar.

Kuda laut dalam foto Hofman hanyalah satu contoh bagaimana hewan laut berinteraksi dengan sampah plastik. Setiap tahun, berton-ton sampah plastik masuk ke laut, potongan-potongannya ditemukan hampir di mana-mana, mulai di permukaan sampai ke dasar laut, bahkan di pulau-pulau terpencil.

Postcomended   "Sang Pornografer" Meninggal di Usia 91

Hofman ada di Indonesia untuk salah satu ekspedisinya. Dia menceritakan, saat sedang ber-snorkeling, tiba-tiba pasang datang dan laut mulai diisi puing-puing,  ganggang, kayu, lalu plastik.

Saat bersamaan, dia melihat kuda laut yang ukurannya hanya sekitar 1,5 inci. Kuda laut ini awalnya menempel pada sebatang rumput, tapi kemudian dia menggaet buds.

“Jika Anda melihat gambarnya, sebenarnya ada beberapa gumpalan putih di latar belakang. Dan gumpalan putih itu adalah kantong plastik,” kata Hofman. “Ada banyak sampah. Itu benar-benar menjijikkan. Air mulai berbau.”

Postcomended   TIME Memotret Wanita-wanita Tangguh untuk Sampulnya Hanya Menggunakan iPhone

Pria berusia 33 tahun tersebut mengatakan alasannya mengikutkan foto tersebut ke kompetisi karena dia ingin foto ini dilihat banyak orang.

Pemenangnya akan diumumkan bulan depan (Oktober), namun Hofman tidak peduli foto itu akan menang atau tidak. “Saya tidak peduli dengan penghargaannya.”

Situs National History Museum (NHM), London, selain akan mengumumkan pemenang kompetisi foto alam ini pada Oktober 2017, juga akan sekaligus memamerkan ke-100 finalisnya pada tanggal 20.

NHM menulis, pameran 100 gambar ini mencatat keindahan dan drama alam dunia, mulai dari serangga kecil sampai mamalia besar. Sedangkan untuk kompetisi foto tahun ini yang menginjak tahun ke-50, berhasil menarik hampir 50 ribu foto dari para profesional dan amatir dari 92 negara.***

https://www.instagram.com/p/BY8iyqxHx4r/

Leave a Reply