Minggu ke-4 sampai ke-10, Masa Krusial Pembentukan Bibir

Minggu keempat hingga kesepuluh masa kehamilan, adalah saat krusial bagi pembentukan bibir dan langit mulut. Jika proses pada masa itu mengalami gangguan, maka bayi akan lahir dalam keadaan bibir sumbing. Namun gangguan yang dimaksud itu belum bisa dipastikan penyebabnya.

Ada yang menyebutkan penyebabnya bisa karena semasa kehamilan kekurangan asam folat, vitamin B6, dan zinc. Alkohol dan rokok juga turut menentukan, bahkan dinilai dapat meningkatkan potensi sumbing menjadi 10 kali lipat.

Postcomended   Fatal, Kepemilikan 10 Peluru Tajam 5,56 mm Milik Andika First Travel

Selain itu, ibu hamil juga tidak boleh mengonsumsi sembarang obat. Setiap obat yang ditelan harus melalui konsultasi dokter terlebih dahulu.

Prasetyanugraheni Kreshanti, SpBP-RE dari Clef and Craniofacial Center (CCC) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (27/7/2017), menyebutkan, obat anti muntah seperti thalidomide juga dilarang buat ibu hamil.

“Tak hanya bikin sumbing, pertumbuhan tangan dan kaki anak juga bisa terganggu,” kata spesialis bedah plastik ini.

Untuk menghindari segala kemungkinan bayi lahir cacat termasuk mengalami bibir sumbing, Prasetyanugraheni berpesan kepada para calon ibu agar menjaga kesehatan tubuh dan memperhatikan asupan nutrisi sebelum hamil.

Postcomended   Berakhirnya Bulan Madu Toko-toko "Online"

Bibir sumbing terjadi ketika jaringan rahang atas dan hidung tidak menyatu dengan sempurna, sehingga terjadi perpecahan. Kondisi ini termasuk sebagai cacat sejak lahir, namun masih bisa disembuhkan. (http://www.alodokter.com/dampak-genetik-dan-gizi-pada-risiko-anak-bibir-sumbing).

Akan tetapi pada sebagian orang, bibir sumbing terjadu juga karena masalah genetis alias keturunan.

Nungki Ratna Martina, Sp.BP, spesialis Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgeon dari RS Hermina Galaxy, mengatakan, 70 persen kasus bibir sumbing yang terjadi pada anak berasal dari orangtua yang juga memiliki bibir sumbing, alias keturunan.

Postcomended   Setelah Kembali ke Indonesia, Pencipta "Storybook Children" Meninggal di Jakarta

Deteksi bibir sumbing pada anak dapat diketahui saat anak masih berada dalam kandungan dengan pemeriksaan USG. Jika ketahuan, dokter biasanya akan memberikan edukasi proses operasi bibir setelah anak lahir. Tindakan operasi bisa dilakukan saat anak minimal telah berusia tiga bulan .***(ra)