Redenominasi Rupiah: Masalah Kebanggaan Bangsa

 REDENOMINASI, UANG Rp 100.000 MENJADI Rp 100 | Khazin Muhammad Khazin Muhammad - WordPress.com600 × 542Search by image redenominasi. redenominasi1
REDENOMINASI, UANG Rp 100.000 MENJADI Rp 100 | Khazin Muhammad Khazin Muhammad – WordPress.com600 × 542Search by image redenominasi. redenominasi1

Siapkah Indonesia melakukan redenominasi? Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, kembali mewacanakan redenominasi atau penyederhanaan mata uang rupiah; misalnya saja Rp 100.000 menjadi Rp 100. Menurut dia, kondisi makro ekonomi Indonesia sekarang sedang memenuhi syarat. Seorang ekonom mengatakan, redenominasi juga terkait kebanggaan bangsa. Pasalnya negara yang dijit mata uangnya banyak dianggap terbelakang.

“Sekarang ini momentum yang bagus (redenominasi rupiah),” ujar Darmin usai rapat dengan Badan Anggaran DPR, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Postcomended   Ketik "Dewi Sartika" di Google Maps, yang Muncul Malah "Dewi Persik"

Yang dimaksud Mantan Gubernur BI ini adalah kondisi angka inflasi Indonesia yang berada di 3-4 persen. Saat redenominasi dilakukan, adalah penting dalam keadaan harga-harga barang yang terkendali.

Darmin mengatakan, redenominasi akan berdampak pada efisiensi dalam hal pencatatan data transaksi keuangan.

Postcomended   Para Guru Besar dan Tokoh Lintas Agama Nyatakan Dukung KPK

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengatakan, penyederhanaan mata uang bukan hal mudah. Butuh waktu sosialisasi masif ke masyarakat, minimal 7 tahun.

Keuntungan redenominasi, selain efisiensi dalam hal pencatatan data transaksi keuangan, tapi juga kebanggaan bangsa. Pengamat Ekonomi, Destry Damayanti, mengatakan, dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih besar,  terdapat penilaian bahwa perekonomian Indonesia masih terbelakang.

Postcomended   Raisa dan Hamish Menikah: Gambar-gambar Olah Komputer yang Menggelitik Perut Bertebaran

Sebagai contoh, dengan dolar AS yang saat ini sekitar Rp 13.400-an, maka jika diredenominasi, akan setara Rp 13,4. Kondisi ini akan sebanding dengan nilai ringgit Malaysia terhadap dolar AS sebesar 3,05 ringgit, peso Filipina sebesar 41,92 peso, baht Thailand sebesar 30,52 baht, dan dolar Singapura sebesar 1,23 dolar Singapura.